KATA PENGANTAR
Syukur ke
hadirat Allah SWT, Tuhan yang berhak menerima segala puji yang telah memberikan
hidayah dan inayah kepada hambaNYA untuk menyelesaikan penulisan buku ini.
Bahwa buku ini yang berjudul ‘’SEJARAH ISLAM ASIA TENGGARA’’ merupakan buku
sejarah yang membicarakan tentang kedatangan islam dan perkembangan serta
pengaruh nya di kawasan di asia tenggara .
Mudah
mudahan dengan penulisan buku ini dapat menjelaskan keraguan fakya sejarah
disamping itu untuk menambah sumber bacaan baik dikalangan mahasiswa maupun
masyarakat.
Namun
demikian , yang lebih penting adalah diharapkan dengan di terbitkan nya buku
ini dapat membantu mahasiswa melengkapi sumber
bacaan yang selama ini sulit mendapatkan buku tentang pembahasan Islan
Asia Tenggara.
Pekanbaru, 15 Mei 2014
Penulis
Muhammad obby yusuf
v
Daftar Isi
Kata
Pengantar………………………………………………………………………………….. v
Daftar Isi
…………………………………………………………………………………………… vi
BAB I Kebangkitan Islam di Asia
Tenggara
1.1 Pendahuluan…………………………………………………………………………………..
1
1.2 Tadisi
Intlektual Islam di Asia Tenggara………………………………………………………………. 2
1.3
Eksintesi Pendidikan Islam di Asia Tenggara……………………………………………….......... 3
BABII Kebangkitan Pendidikan Islam di
Asia Tenggara
2.1
Pendidikan Islam di Indonesia……………………………………………………………………………….5
2.2 Proses
penyebaran Islam Indonesia………………………………………………………………………5
2.3
Perkembangan dan Pendidikan Islam di Malaysia…………………………………………………7
A. Perkembangan Islam di
Malaysia……………………………………………………………………..7
B. Pendidikan Islam di
Malaysia…………………………………………………………………………….8
2.4
Pendidikan Islam di Thailand………………………………………………………………………………..10
2.5
Pendidikan Islam di Filipina ………………………………………………………………………………….11
BABIII Perkembangan Islam di Asia
Tenggara
3.1
Perkembangan Islam di Malaysia………………………………………………………………………….12
3.2
Perkembangan Islam di Singapura…………………………………………………………………………12
3.3 Problema
Minoritas Muslim di Thailand dan Filipina …………………………………………….14
DAFTAR
PUSTAKA…………………………………………………………………….15
Vi
BAB I
KEBANGKITAN ISLAM DI
ASIA TENGGARA
1.1
Pendahuluan
Bagi banyak sarjana Barat Asia
Tenggara tentu saja bukan wilayah yang langsung terbayang ketika membicarakan
Islam, kajaian tengtang islam bagi mereka umumnya masih mengindentikkan Islam
dengan Timur Tengah.
Indonesia adalah Negara dengan penduduk
muslim terbesar di Dunia< dengan pertimbangan ini, mempelajari dan memahami
Islam di Indonesia adalah penting bagi relasi Islam –Barat dan masa depan
kemanusiaan global.
Kebnagkitan Islam pada abad ke 19 hingga 21
adalah sebuah fenomena global seirinh dengan adanya interaksi dengan peradaban
peradaban dibandingkan Barat. Interaksi tersebut berlanjut semata mata
terinspirasi oleh kemajuan peradaban Barat
kehendak baik itu tercermin dari kemauan mendiologkan doktrin agama
dengan modernitas barat melainkan membaca ulang doktrinagama dengan pisau memaksakan doktrin agamanya untuk modrenitas melainkan membaca
ulang doktri agama dengan pisau analisa modernitas.
Dengan begitu penerimaan terhadap demokrasi
politik umpamanya bukanlah pemerkosaan semiotic terhadap kitab suci yang
mementingkan kepentingan pribadi dan kelompok yang bersifat pragmitis .
Modernitas diterima sebagai milik sendiri
lantaran selaras dengan nilai nilai modern, dapat disimpulkan bahwa kebangkitan
Islam terkait dengan proses take and give
dengan peradaban Barat.
1.2
Tradisi Intlektual Islam Asia Tenggara
Masuknya Islam menjadi
salah satu kajian yang paling menarik dalam hubungannya dengan Asia Tenggara ,
selaian karena persoalan proses dan cara yang unik juga karena munculnya
bukti-bukti yang berbeda mengenai waktu datangnya Islam .
Masuknya Islam bukan saja membawa suasana
baru diwilayah ini melainkan juga telah mengubah berbagai aspek kehidupan
pernah ada,sebagai agama Islam membawa pemahaman yang baru sama sekali dari
kepercayaan yang pernah ada konsep
konsep baru yang turut membawa masyarakat kedalam peradaban baru.
Dalam bidang Intlektual, Islam membawa
masyaraknya kedalam nuansa berkeilmuan dengan banyaknya lembaga-lembaga
pengkajian baik formal maupun non formal, pondok pesantren bahkan menjadi salah
satu kiblat pengetahuan dalam intlektual terutama Islam .
Selaian itu Islam juga mengrim duta-duta yang
berprestasi untuk belajar keluar kawasan
Asia Tenggara dan menjadi agen-agen perdamain dan pengetahuan dunia.
Asia Tenggara, sebagai miniatur dunia,
memiliki segala potensi yang ada untuk melangkah maju , tinggal bagaimana
penduduknya memanfaatkan potensi yang ada pada alam dan pada dirinya
sendiri.
Tidak mustahil Asia Tenggara menjadi kiblat
dunia mayoritas penduduknya yang muslim seharusnya menjadi nilai lebih di
kawasan ini untuk tetap berkembang , menunjukkan bahwa agama Islam sebagai
agama yang universal
Yang dikenal sebagai
kawasan kelas dua.
1.3
Eksitensi Pendidikan Islam Asia
Tenggara
Pendidikan Islam di
asia tenggara mencerminkan keberagaman Islam di bagian dunia dan tentu saja
memainkan peranan penting dalam membentuk pusat dan daerah transmisi dari
tradisi keagamaan .
Di Asia Tenggara
cenderung Islam modernis di Indonesia modernisme adalah bagian dati gerakan
yang dimulai pada akhir abad ke 21, ia dipengaruhi oleh gagasan dari pemikir
seperti jamaludin al Afgani dan Muhammad abduh dan bertujuan untuk membersihkan
islam indonesia tentang apa yang di anggab
Praktek murtad.
Pendiri Muhammadiyah
yang didirikan pada 1912 sebagai lembaga ekspresi dari gerakan modrenis
Indonesia yang ingin membuang takhayul yang berhubungandegan beberapa praktek
tradisionalis Islam di Indonesia dan pelayanan social lainnya dengan Islam sebagai dasar idiologi dan moral.
BAB II
KEBANGKITAN PENDIDIKAN ISLAM DI ASIA
TENGGARA
Pada dasarnya kebangkitan Islam di Asia
Tenggara pada abad ke 19 hingga abad ke 21 adalah sebuah fenomena global, bukan
merupakan suatu reaksi terhadap modernitas barat.
melainkan sebagai bagian yang tidak terpisah
dari proses pembaharuan yang selalu
muncul dan menunjukkan keberlangsungan tradisi Islam dalam sejarah.
Masuknya Islam di Asia Tenggara
disebarluaskan melalui kegiatan kaum pedagang dan sufi, kedatangan Islam di
Negara-negara yang ada di Asia Tenggara hamper diawali dengan interaksi antara
masyarakat di wilayah kepulauan dengan para pedagang arab, cina, india Gujarat
, iran ,yaman dan arab selatan.
Kondisi semacam inilah yang
dimanfaatkan oleh para pedagang muslim yang singgah dan menyebar di wilayah
sekitar pesisir, salah satu optimisme tentang kebangkitan islam di asia
tenggara pada umunya didasarkan pada ‘’watak’’ atau karakteristik islam di
kawasan ini yang berbeda dengan kawasan lain.
Pergerakan islam ini sangat erat
hubungannya dengan system social masyarakat terutama dalam pertumbuhan dan
perkembangan kebudayaan dalam konteks kulturalisasi.
Melalui pendidikan Islamisasi
berkembang dengan pesat baik melalui kiai kiai dan ulama ulama maupun guru
guru, hal ini membuktikan dengan munculnya berbagai bentuk kumpulan kumpulan
warga muslim baik berupa lembaga perkumpulan maupun pesantren pasentren.
2.1 Pendidikan Islam di Indonesia
Masuknya Islam ke Indonesia yang menurut
kebanyakan orang diperkirakan pada abad ke 13M, telah menandai perubahan besar
dalam khazanah di bumi Nusantara.
Sejarah masuknya Islam ke Indonesia
terbagi atas lima babak penting yang perlu di perhatika secara historical yakni
a. Periode Pertama Abad 7 Masehi
b. Periode Kedua Abad 13 Mesehi
c. Periode ketiga Masa colonial Belanda
d. Periode keempat Abad 20 M
e. Periode kelima Abad 20 dan 21 Masehi
2.2 Proses penyebaran Islam di Indonesia
Proses penyebaran agama Islam di Indonesia
dilakukan dengan banyak cara. yaitu melalui perdagangan, perkawinan,
pendidikan, politik, kesenian, tasawuf, yang kesemuanya mendukung meluasnya
ajaran agama Islam.
Islam masuk ke Indonesia, bukan dengan
peperangan ataupun penjajahan. Islam berkembang dan tersebar di Indonesia
justru dengan cara damai.
agama Islam dapat tersebar dengan cepat di
seluruh Indonesia pada masa permulaan, yaitu :
1. Agama Islam tidak sempit dan tidak berat
melakukan aturan-aturannya, bahkan mudah diturut oleh segala golongan ummat
manusia, bahkan untuk masuk Islam cukup dengan mengucapkan dua kalimah syahadat
saja.
2. Sedikit tugas dan kewajiban Islam.
3.Penyiaran Islam itu dilakukan
dengan cara berangsur-angsur
4. Penyiaran Islam
dilakukan dengan cara kebijaksanaan dan cara yang sebaik-baiknya.
5 Penyiaran Islam itu
dilakukan dengan perkataan yang mudah dipahami umum, dapat dimengerti oleh
golongan bawah dan golongan atas, yang sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW
yang maksudnya : Berbicaralah kamu dengan manusia menurut kadar akal mereka
Sedangkan
perkembangan Agama Islam di Indonesia sampai berdirinya kerajaan-kerajaan Islam
di bagi menjadi tiga fase, antara lain :
Singgahnya
pedagang-pedagang Islam di pelabuhan-pelabuhan Nusantara.
Sumbernya
adalah berita luar negeri, terutama Cina;
Adanya
komunitas-komunitas Islam di beberapa daerah kepulauan Indonesia. Sumbernya di
samping berita-berita asing juga makam-makam Islam;
Berdirinya
kerajaan-kerajaan Islam
2.3 Perkembangan dan pendidikan islam di
Malaysia
A. PERKEMBANGAN ISLAM DI MALAYSIA.
Islam merupakan agama resmi negara federasi
Malaysia. Hampir 50% dari 13 juta penduduknya adalah Muslim dan sebagian besar
diantaranya adalah orang melayu yang tinggal di Semenanjung Malaysia. Adapun
sisanya terdiri dari kelompok-kelompok etnik yang minoritas yakni diantaranya
Cina yang terdiri sekitar 38% dari penduduk Malaysia dan yang lainnya India dan
Arab.Perkembangan Islam di Malaysia telah membawa peradaban-peradaban baru yang
diakui Dunia Islam.
Sampai saat ini Muslim Malaysia dikenal
sebagai Muslim yang taat ibadahnya, kuat memegang acto Islam dan juga kehidupan
beragamanya yang damai serta mencerminkan keIslaman agamanya baik di
perkampungan maupun dalam pemerintahan. Peranan seorang ulama di sana sangat
penting baik dalam segi dakwah dan dalam pengelolaan sekolah-sekolah.
Faktor – actor yang mendorong penyebaran Islam di Malaysia :
- Faktor perlombaan penyebaran agama.
- Faktor perkawinan.
- Faktor perdagangan.
- Faktor penguasaan Syahbandar.
- Faktor politik dan penaklukan.
-Faktor kepribadian golongan dakwah dan ahli-ahli sufi.
-Faktor penulis dan kesusasteraan.
- Faktor kedudukan Islam.
B. Pendidikan Islam di
Malaysia
Pada awalnya, pengajaran Agama Islam adalah sekadar satu pemberian
maklumat dan tidak ada aspek pengamalan dan penghayatan yang mendalam.
Pelajar-pelajar mengambil pelajaran agama hanya untuk mengetahui dan Ekoran daripada lulus dalam peperiksaan awam
seperti (SRP) dan (SPM). itu, Pada tahun 1974, satu Jawatankuasa Mengkaji Mata
Pelajaran Agama Islam Di Sekolah telah ditubuhkan bagi mengkaji dan menilai
semula kurikulum Pengetahuan Agama Islam termasuk pelaksanaannya yang
merangkumi kaedah pengajaran, penyeliaan dan
Kajiantenaga
pengajar. yang dilakukan dilaporkan dalam Laporan Kabinet 1979. Diantara
rumusan yang dibuat berdasarkan kajian tersebut adalah seperti berikut ;
(a). Aspek amalan dan penghayatan
islam tidak diberi penekanan di dalam pengajaran dan pembelajaran agama islam.
(b). Pengajaran guru lebih banyak
tertumpu kepada penyampaian pengetahuan agama dan sangat kurang dalam aspek
amali.
(c). Mutu pengajaran berada di tahap
yang rendah dan tidak menggunakan alat bantu mengajar yang diperlukan.
(d). Pembelajaran Agama Islam dan
penghayatan belum sampai ke tahap yang di harapkan.
(e). Guru tidak mendapat penyeliaan dan
bimbingan yang sewajarnya.
(f). Guru tidak mendapat latihan
perguruan atau Kesan daripada
kelemahan-kelemahan tersebut,ikhtisas yang cukup.
Beberapa langkah telah diambil untuk mengatasi
masalah tersebut dan diantaranya ialah pemberian latihan perguruan kepada
guru-guru tidak terlatih, melantik pegawai-pegawai yang mencukupi di Unit
Pendidikan Islam, Jabatan Pendidikan Negeri dan Pejabat Pendidikan Daerah,
mewujudkan nazir Mata Pelajaran Agama dan akhirnya menggubal serta melaksanakan
Kurikulum Baru Sekolah Rendah (KBSR) Pendidikan Islam pada tahun 1982 dan
Kurikulum Bersepadu Sekolah Menengah (KBSM) pada tahun 1988.
Sekolah Agama Rakyat. Contoh sekolah
agama rakyat (SAR) Kelana Jaya adalah sekolah yang berdaftar dengan Jabatan
Agama Islam, Selangor ( JAIS ) telah memulakan operasinya pada awal tahun Sekolah ini menawarkan matapelajaran agama
yang. menggunakan sukatan pelajaran JAIS dan juga Jabatan Kemajuan Islam
Malaysia ( JAKIM ). Pengambilan pelajar bermula dari Darjah 1 hingga ke Darjah
6. Pelajar-pelajar Darjah 5 akan menduduki peperiksaan Ujian Penilaian Kelas
Kafa ( UPKK ) yang dikelolakan oleh JAKIM dan pelajar Darjah 6 akan menduduki
Peperiksaan Sijil Rendah Agama ( PSRA ) yang dikelolakan Kedua-dua peperiksaan ini akan menjadi
pra-syarat oleh JAIS. pengambilan pelajar ke Sekolah Menengah Agama di bawah
JAIS
MATA PELAJARANTahap 1-Merangkumi
pelajar-pelajar Darjah 1 hingga Darjah 3 yang manamatapelajarannya ialah
subjek-subjek Feqah, Akhlak, Tauhid, Hafazan, Tilawah AlQuran, Asas Jawi dan
Bahasa Arab.Tahap 2-Merangkumi pelajar-pelajar Darjah 4 hingga Darjah 6
mempunyai tambahan 4lagi subjek yaitu Tajwid, Khat, Sirah dan Imlak. SYARAT
KEMASUKAN Darjah 1 ( 7 tahun ) hingga Darjah 6 WAKTU PERSEKOLAHAN Sesi pagi :
7.30 pagi - 10.30 pagi Sesi petang : 2.45 ptg - 5.45 ptg
Sekolah Menengah Sejarah penubuhan Sekolah Menengah
Kebangsaan Agama (SMKA). Agama (SMKA)
bermula dengan pengambilalihan 11 buah SM Agama Negeri (SMAN) dan SM Agama
Rakyat (SMAR) oleh Kementerian Pelajaran tahun 1977. Kini usia 11 buah sekolah
tersebut telah genap 28 tahun (data Idea
awal penubuhan SMKA diilhamkan oleh Pengarah.
pada tahun 2005). Bahagian Agama Kementerian Pelajaran ketika itu,
Allahyarham Hj Nik Mohammed Mohyideen bin Hj Wan Musa. Menurut Allahyarham,
langkah itu selaras dengan usaha untuk mengubah citra sekolah-sekolah luwes
dengan Dasar Pelajaran Kebangsaan. Hal ini memang menjadi hasrat Kementerian
Pelajaran dan hasrat masyarakat Islam yang sedar faedahnya.Sebelum ini beberapa
langkah telah diambil dengan memberi bantuan kepada sekolah-sekolah agama
rakyat dan mencadangkan sekolah-sekolah tersebut memperaktikkan.
Penubuhan SMKA seiring dengan usaha sistem
baru. pemodenan sistem pendidikan negara. Proses penambahbaikan sistem
pendidikan Islam di sekolah-sekolah agama sesuai dengan perkembangan semasa.
Justeru itu, ilham Allahyarham Hj Nik Mohammed bin Hj Wan Musa ini telah direalisasikan oleh Tan Sri Dato Paduka
Dr Abdul Hamid bin Othman dan Dato Zainal Abidin bin Hj Abdul Kadir .
2.4 Pendidikan Islam
di Thailand
Thailand
yang di kenal dengan nama sam secara geografis berada di sekitar wilayah
Asia yang bekependudukan lebih kurang sekitar 60 juta jiwa, yang sebagian besar
etnis mayoritas Budha dan minoritas
agama Islam.
Umumnya muslim di Thailand bermazhab Sunni
syafi’I dan agama lainya.
Masuknya islam ke
Thailand diperkirakan pada abad ke10 melalui para pedagang arab dan juga yang
mengatakan islam masuk ke Thailand melalui kerajaan Samudra fasifik di Aceh.
Kaum muslimin di Thailand yang terkenal
dengan nama Pattani memiliki perasaan kuat tentang jati dirinya karena di daerah pattani pernah menjadi salah
satu pusat penyebaran Islam di Asia Tenggara .
Meskipun sikap orang-orang pattani mulai
melunak terhadap pemerintah merka tidak sepenuhnya percaya dengan
program-program pembangunan yang di lakukan pemerintah Thailand
Pada tahun 1910 raja Wachiravut yang
menggantika kedudukan ayahnya di Bangkok merupakan orang nasionalisme yang
menimba ilmu pendidikan di Inggris mengubah
negaranya dari sebutan Thai adalah tuhan , raja dan Negara
Sekitar tahun 1923 pemerintahan Bangkok meninjau kembali kebijakan mengenai
pendidikan wajib penetrasianbirokrasi dan campur tangan dalam urusan ekonomi
social di Provinsi Melayu.
Pada tahun1968 pemerintah memutuskan bahwa
semua pondok yang telah mendaftar harus menghapus pelajaran bahasa Melayu dan
menggunakan sebagi bahasa pengantar di pondok-pondok pesantren, kemudian
menggantikannya dengan bahasa Thai.
Asia Tenggara
adalah sebutan untuk wilayah daratan Asia timur yang terdidi dari jazira Indo-Cina
dan kepulauan yang dilingkupi oleh Negara Indonesia dan Filipina.
Islam masuk ke Filipina sebelum penjajahan
Spanyol menginjakkan kaki di tanah negri ini itu dibuktikan dengan laporan
seorang pengembara Cina pada zaman Dinasti Yuan pada tahun 1280-1368
Muslim di Filipina biasanya dikenali sebagai masyarakat Moro.
Mereka umumnya berdiam di Pulau Mindanao, Pulau Sulu,Palawan , Basilan dan
pulau sekitarnya.
Islam masuk ke Filipina tidak lama setelah
Islam berkembang di Melayu , Islam masuk ke wilayah Filipina selatam, khususnya
kepulauan sulu dan minandao pada 1380M yang dibawah oleh seorang tabib dan
ulama arab bernama Karimul al Makhdum.
Ini berarti kedatangan islam di Filipina
jauh lebih awal dari pada kedatangan colonial Barat , khususnya bangsa spanyol
yang masuk ke kawasan itu pada tahun 1566M .
Versi lain menyebutkan Islam dating
kepualaun Filipina jauh sebelum kedatangan Villallobos seorang penjajah spanyol
yang memasuki Filipina pada tahun 1542.
BABIII
PERKEMBANGAN ISLAM DI
ASIA TENGGARA
3.1 Perkembangan Islam di Malaysia
Dari beberapa data yang di temukan Malaysia merupakan
daerah di kawasan asiaTeanggara yang berpenduduk dengan berbagai etnis dan
agama.
Perkembangan Islam di Malaysia dapat di
tunjukkan bahwa kenyataannya bila dibandingkan dengan sejumlah Negara yang
mempunyai penduduk muslim dan nonmuslim yang hamper seimbang , bahwa Malaysia
sangat menekankan pada symbol-simbol yang digunakan dan berkaitan dengan
lembaga dan pengamalan Islam.
Selain itu pemerintahanyang dipimpin
oleh Partai UMNO menerapkan banyak sekali aturan agama islam dalam rangka
mendukung pelaksanaan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan kaum mslim.
Hal ini disebabkan oleh factor sejarah
perkembangan islam yang telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan
perkembangan politik Melayu sejak masa kesultanan Malaka.
3.2 Perkembangan Islam di Singapura
Singapura merupakan salah
satu Negara terkecil di benua Asia Tenggara yang terdiri berbagai
macam suku bangsa dan penganut berbagai macam agama. Penduduknya sekarang
kira-kira mencapai 4.000.000 jiwa lebih hampir 77 persen warga Negara singapura
adalah china dan minoritas adalah suku Melayu, yaitu sekitar 17 persen dari
jumlah keseluruhan warga Negara Singapura. Sedangkan sisanya disusul oleh
India, Pakistan, dan Arab
Dalam
perjalanan sejarahnya, Singapura pernah menjadi salah satu pusat Islam paling
penting di Asia Tenggara, hal ini dilihat dari keunggulanya sebagai pintu masuk
bagi para pedagang dari berbagai benua maupun Negara asing atau disebut dengan
pusat perdagangan internasional. Selain sebagai pusat perdagangan, Negara ini
sangat strategis bagi pusat informasi dan dakwah Islami atau Islamisasi
kualitatif maupun kuantitatif, baik pada masa kesultanan malaka maupun sampai
sekarang.
Dalam
perjalanan sejarahnya, dahulu Singapura mempunyai peranan penting dalam
penyebaran Islam di Asia Tenggara. Posisi stategis yang merupakan nilai lebih
Singapura menjadikannya sebagai transit bagi perdagangan dari berbagai kawasan.
Pada sisi lain, selain sebagai transit perdagangan letaknya yang strategis ini
juga telah memungkinkannya menjadi pusat informasi dan komunikasi dakwah Islam
.
Singapura menjadi sebuah Negara Republik
yang merdeka setelah melepaskan diri dari Malaysia pada tanggal 17 Agustus
1965. Saat ini, Singapura merupakan Negara paling maju diantara Negara-negara
tetangganya di kawasan Asia Tenggara. Namun demikian, Islam relative tidak berkembang
di Negara ini, baik bila dibandingkan dengan sejarah masa lalunya, maupun bila
dibandingkan dengan perkembangan Islam di Negara-negara lainnya di kawasan Asia
Tenggara
Pada tahap awal proses Islamisasi, Islam
diidentikan dengan agamanya orang Melayu. Para ulama asal Yaman (Hadramaut)
yang bernama Syed Abu Bakar Taha Alsaggof dalam mengembangkan Islam di
Singapura sangat besar. Dialah dai dan penyebar Islam pertama era modern di
negeri pulau itu dan membuka lembaga pendidikan Islam, yakni Madrasah Al-Juneid
yamg masih eksis sampai saat ini.
MUIS sebagai lembaga tertinggi pemerintah
untuk Hal Ehwal Islam (setingkat kementerian agama di Indonesia), memang
bertanggung jawab dan ikut mengelola langsung pengelolaan ZIS wakaf, sehingga
dapat mengetahui secara pasti pelaksanaannya.
3.3
Problema Minoritas Muslim di Thailand dan Filipina
Minoritas
muslim yang hidupdan berkembang di Thailand menghadapi masalah yang sam dengan
bangsa Moro di Filipina , problema yang dihadapi oleh dua kelompok muslim di
luar Negara ini adalah problema kelompok minoritas .
Masyarakat muslim menjadi kelompok minorotas
yang hidup berdampingan dengan penguasa/pemerintahan nonmuslim,
Persoalan integrasi merupakan persoalan
paling mendasar bagi kedua kelompok minoritas di dunia termasuk tahiland dan
Filipina , namun dari segi politik merupakan bagian dari bangsa Maunghtai,
Kebijakan integrasi dan asimilasi pemerintah
di dua Negara tersebut mendapat respon yang keras dari kelompok minoritas
muslim di kedua Negara ini dan telah melahirkan konflik bersenjata antara
kelompok minoritas dengan pemerintah sebagai penguasa.
DAFTAR PUSTAKA
Ambary,Hasan Mu’arif, 1998, Menemukan Peradaban: Arkeologi dan Islam di
Indonesia, Puslit Arkenas, Jakarta.
Arza, Azyumandi, 1996, Islam in the Indonesian World,
Mizan,Bandung.
Kartdojiro, Sartono,1999, Pengantar Sejarah Indonesia Baru:
1500_1900, dari Imperium Sampai Imperium,
Gramedia pustaka utama: Jakarta.
4 komentar
komentaremang yang kecil ni mantap x buat postingan. sukses trus lh gan. uda ane klik iklan lo
ReplyJKT48, Game, Tips, Film, Gambar, Foto
Ok black boy...
ReplyDEKLARASI PERANG PENEGAKKAN DINUL ISLAM
ReplyDISELURUH DUNIA
Bismillahir Rahmanir Rahiim
Dengan Memohon Perlindungan dan Izin
Kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala,
Rabb Pemelihara dan Penguasa Manusia,
Raja Manusia yang Berhak Disembah Manusia.
Rabb Pemilik Tentara Langit dan Tentara Bumi
Pada Hari Ini : Yaumul Jum'ah 6 Jumadil Akhir 1436H
Markas Besar Angkatan Perang
Khilafah Islam Ad Daulatul Islamiyah Melayu
Mengeluarkan Pengumuman kepada
1. Seluruh Ummat Islam (Bangsa Islam) yang hidup di benua Afrika
2. Seluruh Ummat Islam (Bangsa Islam) yang hidup di benua Eropa
3. Seluruh Ummat Islam (Bangsa Islam) yang hidup di benua Asia
4. Seluruh Ummat Islam (Bangsa Islam) yang hidup di benua Asia Tenggara
5. Seluruh Ummat Islam (Bangsa Islam) yang hidup di benua Amerika
6. Seluruh Ummat Islam (Bangsa Islam) yang hidup di benua Australia
7. Seluruh Ummat Islam (Bangsa Islam) yang hidup di Kutup Utara
8. Seluruh Ummat Islam (Bangsa Islam) yang hidup di Kutup Selatan
9. Seluruh Ummat Islam (Bangsa Islam) diseluruh Dunia
PENGUMUMAN DEKLARASI PERANG SEMESTA
Terhadap Seluruh Negara yang Tidak
Menggunakan Hukum Berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah Rasulullah SAW.
Perang Penegakkan Dinuel Islam ini Berlaku disemua Pelosok Dunia.
MULAI HARI INI
YAUMUL JUM'AH 6 JUMADIL AKHIR 1436H
BERLAKULAH PERANG AGAMA
BERLAKULAH PERANG DINUL ISLAM ATAS DINUL BATHIL
BERLAKULAH HUKUM PERANG ISLAM DISELURUH DUNIA
MEMBUNUH DAN TERBUNUH FISABILILLAH
"Dan BUNUHLAH mereka di mana saja kamu jumpai mereka, dan USIRLAH mereka dari tempat mereka telah mengusir kamu (Mekah); dan fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan, dan janganlah kamu memerangi mereka di Masjidil Haram, kecuali jika mereka memerangi kamu di tempat itu. Jika mereka memerangi kamu (di tempat itu), maka bunuhlah mereka. Demikanlah balasan bagi orang-orang kafir. Kemudian jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka tidak ada permusuhan (lagi), kecuali terhadap orang-orang yang zalim.”
(Q.S: al-Baqarah: 191-193).
BUNUH SEMUA TENTARA , POLISI, INTELIJEN , MILISI SIPIL ,HAKIM DAN
BUNUH SEMUA PEJABAT SIPIL Pemerintah Negara Yang Memerintah dengan Hukum Buatan Manusia (Negara Kufar).
BUNUH SEMUA MEREKA-MEREKA MENDUKUNG NEGARA-NEGARA KUFAR DAN MELAKUKAN PERMUSUHAN TERHADAP ISLAM.
JANGAN PERNAH RAGU MEMBUNUH MEREKA sebagaimana mereka tidak pernah ragu untuk MEMBUNUH, MENGANIAYA DAN MEMENJARAKAN UMMAT ISLAM YANG HANIF.
INTAI, BUNUH DAN HANCURKAN Mereka ketika mereka sedang ada dirumah mereka jangan diberi kesempatan lagi.
GUNAKAN SEMUA MACAM SENJATA YANG ADA DARI BOM SAMPAI RACUN YANG MEMATIKAN.
JANGAN PERNAH TAKUT KEPADA MEREKA, KARENA MEREKA SUDAH SANGAT KETERLALUAN MENENTANG ALLAH AZZIZUJ JABBAR , MENGHINA RASULULLAH SAW, MENGHINA DAN MEMPERBUDAK UMMAT ISLAM.
BIARKAN MEREKA MATI SEPERTI KELEDAI KARENA MEREKA ADALAH THOGUT DAN PENYEMBAH THOGUT
HANCURKAN LULUHKAN SEMUA PENDUKUNG PEREKONOMIAN NEGARA-NEGARA KUFAR
DARI HULU HINGGA HILIR
HANYA SATU UNTUK KATA UNTUK BERHENTI PERANG,
MEREKA MENYERAH DAN MENJADI KAFIR DZIMNI.
DAN BERDIRINYA KHILAFAH ISLAM AD DAULATUL ISLAMIYAH.
KHALIFAH IMAM MAHDI.
Kemudian jika mereka berhenti dari memusuhi kamu, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi
Maha Penyayang.
Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah lagi dan sehingga ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah.
Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu),
maka tidak ada permusuhan (lagi),
kecuali terhadap orang-orang yang zalim.
Al-Baqarah : 192-193
SAMPAIKAN PESAN INI KESELURUH DUNIA,
KEPADA SEMUA ORANG YANG BELUM TAHU ATAU BELUM MENDENGAR
MARKAS BESAR ANGKATAN PERANG
KHILAFAH ISLAM AD DAULATUL ISLAMIYAH MELAYU
PANGLIMA ANGKATAN PERANG PANJI HITAM
Kolonel Militer Syuaib Bin Sholeh
BENTUKLAH PASUKAN MILITER PADA SETIAP ZONA ISLAM
ReplySAMBUTLAH UNDANGAN PASUKAN KOMANDO BENDERA HITAM
Negara Khilafah Islam Ad Daulatul Islamiyah Melayu
Untuk para Rijalus Shaleh dimana saja kalian berada,
bukankah waktu subuh sudah dekat? keluarlah dan hunuslah senjata kalian.
Dengan memohon Ijin Mu Ya Allah Engkaulah Pemilik Asmaul Husna, Ya Dzulzalalil Matien kami memohon dengan namaMu yang Agung
Pemilik Tentara langit dan Bumi perkenankanlah kami menggunakan seluruh Anasir Alam untuk kami gunakan sebagai Tentara Islam untuk Menghancurkan seluruh Kekuatan kekufuran, kemusyrikan dan kemunafiqan yang sudah merajalela di muka bumi ini hingga Dien Islam saja yang berdaulat , tegak perkasa dan hanya engkau saja Ya Allah yang berhak disembah !
Firman Allah: at-Taubah 38, 39
Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu jika dikatakan orang kepadamu: “Berperanglah kamu pada jalan Allah”, lalu kamu berlambat-lambat (duduk) ditanah? Adakah kamu suka dengan kehidupan didunia ini daripada akhirat? Maka tak adalah kesukaan hidup di dunia, diperbandingkan dengan akhirat, melainkan sedikit
sekali. Jika kamu tiada mahu berperang, nescaya Allah menyiksamu dengan azab yang pedih dan Dia akan menukar kamu dengan kaum yang lain, sedang kamu tiada melarat kepada Allah sedikit pun. Allah Maha kuasa atas tiap-tiap sesuatu.
Berjihad itu adalah satu perintah Allah yang Maha Tinggi, sedangkan mengabaikan Jihad itu adalah satu pengingkaran dan kedurhakaan yang besar terhadap Allah!
Firman Allah: al-Anfal 39
Dan perangilah mereka sehingga tidak ada fitnah lagi, dan jadilah agama untuk Allah.
Peraturan dan undang-undang ciptaan manusia itu adalah kekufuran, dan setiap kekufuran itu disifatkan Allah sebagai penindasan, kezaliman, ancaman, kejahatan dan kerusakan kepada manusia di bumi.
Allah Memerintahkan Kami untuk menghancurkan dan memerangi Pemerintahan dan kedaulatan Sekular-Nasionalis-Demokratik-Kapitalis yang mengabdikan manusia kepada sesama manusia karena itu adalah FITNAH
Firman Allah: al-Hajj 39, 40
Telah diizinkan (berperang) kepada orang-orang yang diperangi, disebabkan mereka dizalimi. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa untuk menolong mereka itu. Iaitu
orang-orang yang diusir dari negerinya, tanpa kebenaran, melainkan karena mengatakan: Tuhan kami ialah Allah
Firman Allah: an-Nisa 75
Mengapakah kamu tidak berperang di jalan Allah untuk (membantu) orang-orang tertindas. yang terdiri daripada lelaki, perempuan-perempuan dan kanak-kanak .
Dan penindasan itu lebih besar dosanya daripada pembunuhan(al-Baqarah 217)
Firman Allah: at-Taubah 36, 73
Perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagai mana mereka memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahawa Allah bersama orang-orang yang taqwa. Wahai Nabi! Berperanglah terhadap orang-orang kafir dan munafik dan bersikap keraslah terhadap mereka.
Firman Allah: at-Taubah 29,
Perangilah orang-orang yang tidak beriman, mereka tiada mengharamkan apa yang diharamkan Allah dan Rasul-Nya dan tiada pula beragama dengan agama yang benar, (iaitu) diantara ahli-ahli kitab, kecuali jika mereka membayar jizyah dengan tangannya sendiri sedang mereka orang yang tunduk..
Bentuklah secara rahasia Pasukan Jihad Perang setiap Regu minimal dengan 3 Anggota maksimal 12 anggota per desa / kampung.
Siapkan Pimpinan intelijen Pasukan Komando Panji Hitam secara matang terencana, lakukan analisis lingkungan terpadu.
Apabila sudah terbentuk kemudian Daftarkan Regu Mujahid
ke Markas Besar Angkatan Perang Pasukan Komando Bendera Hitam
Negara Khilafah Islam Ad Daulatul Islamiyah Melayu
Wahai para Ikwan Akhir Zaman, Khilafah Islam sedang membutuhkan
para Mujahid Tangguh untuk persiapan tempur menjelang Tegaknya Khilafah yang dijanjikan.
Mari Bertempur dan Berjihad dalam Naungan Pemerintah Khilafah Islam, berpalinglah dari Nasionalisme (kemusyrikan)
email : seleksidim@yandex.com
Dipublikasikan
Markas Besar Angkatan Perang
Khilafah Islam Ad Daulatul Islamiyah Melayu