Fakta Menarik Mengenai Phobia Yang Ada Di Dunia

Phobia Paling Aneh yang Ada di Berbagai Belahan Dunia - Phobia merupakan rasa takut yang berlebihan terhadap susuatu hal yang dulu pernah terjadi sebelumnya, ataupun hal-hal yang membuat suatu anganan yang berlebihan yang bersifat negatif pada suatu hal.

Fakta Menarik Mengenai Phobia Yang Ada Di Dunia

 

Dalam dunia psikologi, rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu hal atau fenomena yang banyak dijumpai di kehidupan sehari-hari disebut dengan Phobia. Hal ini dipicu oleh beragam faktor-faktor baik dari luar maupun dari dalam seperti faktor lingkungan, faktor keturunan dan faktor budaya. Jika hal ini terus-menerus berlanjut dan tidak diatasi bisa menyebabkan penderita mengalami keadaan fiksasi. Keadaan fiksasi akan membuat mental penderita menjadi terkunci atau kesulitan mengekspresikan emosi. Tercatat, terdapat 500 rasa takut berlebihan yang ada di dunia dan beberapa di antaranya masuk kategori phobia paling aneh dan unik seperti di bawah ini:

1. Xanthophobia 

Banyak sekali warna yang terdapat di dunia ini dari mulai warna merah, pink, cokelat, hijau dan sebagainya. Warna memiliki peran yang penting dalam membuat hidup lebih indah, dinamis dan tidak membosankan. Semua hal yang ada di dunia ini tentu memiliki warna. Bahkan, banyaknya pilihan warna yang ada membuat setiap orang memiliki warna kesukaan tersendiri. Tetapi hal ini tidak berlaku bagi penderita Xanthophobia. Xanthophobia merupakan phobia paling aneh yang pertama,  phobia ini disebabkan oleh warna kuning. Pengidap Xanthophobia akan berteriak-teriak saat melihat semua yang berwarna kuning dan saat mendengar kata kuning karena rasa takut yang berlebihan terhadap warna yang identik dengan pisang dan matahari ini. Biasanya hal ini dipicu oleh trauma masa lalu yang menakutkan atau mengejutkan dari penderita yang melibatkan warna kuning.

Fakta Menarik Mengenai Phobia Yang Ada Di Dunia

2. Ombrophobia

Ombrophobia, merupakan Phobia paling aneh berikutnya Adalah Ombrophobia di mana penderita phobia ini akan meringkuk ketakutan di rumah ketika hujan turun dan berteriak-teriak tak jelas saat tanpa sengaja terkena tetesan air hujan.

Hujan menjadi momok yang menakutkan dan musuh utama bagi para penderita phobia tersebut, dan manusia yang memiliki phobia ini cendrung sering depresi ketika instensitas hujan meningkat.

Fakta Menarik Mengenai Phobia Yang Ada Di Dunia


3. Venustraphobia

Setiap pria tentunya menyukai wanita yang cantik dan wanita menyukai pria yang tampan, hal ini memang telah menjadi kodrat alami manusia. Pria akan senang saat melihat, bertemu, berteman atau bahkan berpacaran dengan wanita cantik dan begitu pula wanita. Berbagai cara dilakukan pria untuk bisa dekat atau menjalin asmara dengan wanita yang cantik. Namun, hal ini tidak berlaku bagi pengidap Venustraphobia. Venustraphobia merupakan phobia paling aneh kedua. Phobia ini dialami oleh pria, di mana dia akan merasakan takut berlebihan jika berdekatan, bertemu, bahkan sekedar melihat wanita cantik. Tentu hal ini akan sangat merepotkan. Hal ini umumnya dipicu oleh kejadian mengerikan yang pernah dialami penderita dan melibatkan keberadaan wanita cantik.

Fakta Menarik Mengenai Phobia Yang Ada Di Dunia

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »