Tips Agar Smartphone Tak Lelet Saat Main Game

Tips Agar Smartphone Tak Lelet Saat Main Game - Game merupakan salah satu aplikasi favorit pengguna perangkat Android. Sayangnya, ada saatnya smartphone kita mengalami pelambatan yang berpengaruh pada performa android akibat game yang terus menerus beroperasi. Untuk memaksimalkan performa ponsel agar smartphone tak lelet saat main game, berikut tips-tips yang bisa kamu lakukan.


1. Menghapus aplikasi yang tidak terpakai

Tips agar smartphone tak lelet saat main game yang pertama adalah menghapus aplikasi yang jarang dipakai. Aplikasi tersebut dapat berpengaruh terhadap performa Android. Hal ini dikarenakan aplikasi-aplikasi tersebut tetap berproses dan membebani prosesor. Oleh karena itu, alangkah baiknya kalau kita mencopot pemasangan aplikasi-aplikasi tersebut supaya meringankan memori dan prosesor Android.

2. Menghapus file tidak penting

Tips agar smartphone tak lelet saat main game yang selanjutnya adalah menghapus file tidak penting. Tips ini bisa menciptakan ruang kosong baru dalam memori dan meringankan beban prosesor Android. Selain menghapus file di File Manager, kamu juga bisa menghapus pesan-pesan SMS, spam E-mail dan lainnya. Hasilnya, performa smartphone tak lelet dan kamu bisa bermain game dengan lancar.

3. Menghapus memori cache

Tips agar smartphone tak lelet saat bermain game selanjutnya adalah menghapus cache. Cache bisa disebut juga data sementara. Data-data yang telah diakses akan tersimpan dalam memori cache. Alih-alih menyimpan memori sebesar 1 MB, tak jarang cache menyimpan memori sampai ratusan MB bahkan 1 GB. Banyaknya memori cache dapat membebani memori dan berpengaruh pada performa smartphone. Menghapus memori cache akan membantu mengacu kecepatan ponsel saat bermain game.

4. Update game

Selain tiga tips di atas, meng-update game di ponsel juga merupakan tips yang efektif untuk memaksimalkan performa saat bermain game. Mengunduh versi terbaru dari game dapat menghindari terjadinya lag alias macet tiba-tiba. Lag bisa terjadi apabila versi game yang lama sudah tidak tersedia sehingga akan menghambat permainan. Karena itu, sering-seringlah update game kamu di Google Play Games supaya smartphone tak lelet.

5. Menggunakan WiFi atau Jaringan 4G

Jika tips-tips sebelumnya berkaitan dengan perangkat smartphone itu, tips agar smartphone tak lelet saat main game adalah yang berkaitan dengan jaringan. Sebelum bermain game, kamu harus memastikan bahwa koneksi internetmu stabil. Kelambatan performa ponsel saat bermain game bisa juga disebabkan oleh jaringan yang tidak stabil. Maka dari itu, jaringan WiFi dan 4G yang cepat bisa membantu meningkatkan kelancaran permainan.

Tips Agar Smartphone Tak Lelet Saat Main Game

6. Mematikan aplikasi yang sedang aktif

Tips berikutnya adalah menutup aplikasi aktif di ponsel. Banyaknya aplikasi yang berproses bersamaan akan membebani kapasitas RAM. Alhasil, ponsel kamu akan lebih mudah lemot. Selain itu, hal ini akan berdampak pada kapasitas baterai. Baterai ponsel akan cepat habis apabila digunakan dengan banyak aplikasi. Sebab itu, menutup aplikasi yang tidak terpakai akan mengurangi beban RAM dan mempercepat performa ponsel untuk main game.

7. Jangan bermain game sambil mengisi daya

Tips yang terakhir adalah menghindari permainan saat ponsel sedang di-charge. Hal ini harus dihindari karena hawa panas yang diciptakan saat charging akan membuat smartphone kamu lelet. Akibatnya, potensi terjadinya lag akan lebih tinggi. Tak berhenti di situ, bermain game sambil mengisi daya akan membuat smartphone Android kamu cepat rusak.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
10 Agustus 2018 09.29 delete

cara bersihin memori cache bagaimana ya?

aloha-bebe.com

Reply
avatar