Rabu, 23 Mei 2018

Hal Yang Harus Kamu Lakukan Saat Smartphone Mulai Lelet

Hal Yang Harus Kamu Lakukan Saat Smartphone Mulai Lelet - Pada zaman sekarang smartphone merupakan kebutuhan dasar manusia. Jika smartphone tidak dapat digunakan atau lelet tentunya akan menggangu aktifitasmu. Ada beberapa hal yang menyebabkan smartphone mulai lelet. Jika terus dibiarkan, smartphone akan mengalamai penurunan performa. Pada kasus tertentu, mungkin akan menyebabkan kerusakan yang fatal. Kalian tidak perlu panik ketika menghadapi masalah seperti ini, karena ada tips dan trik yag kalian dapat lakukan. Berikut ini adalah penjelasannya.


Smartphone Mulai Lelet

Ketika smartphone mulai lelet, maka ada beberapa kemungkin yang terjadi. Hal tersebut perlu diketahui agar kalian dapat memberikan penangan yang sesuai.


1. Perhatikan jumlah Memori 


Selain pengaruh memori RAM yang tidak terlalu besar, memori internal juga menyebabkan smartphone mulai lelet. Jika memori internal hanya tersisa sedikit maka akan menyebabkan smartphone jadi lelet. Untuk menghindari masalah ini, sebaiknya pilih smartphone dengan RAM besar dan memilki jumlah memori internal yang banyak dan ada penimpanan simcard juga. Kalian juga bisa menginstal aplikasi backup.

2. Instal satu aplikasi antivirus saja

Aplikasi antivirus merupakan aplikasi yang terus berjalan di belakang layar karena memang fungsinya yang harus selalu memantau virus atau sampah yang terdeteksi. Hal tersebut cukup memakan RAM sehingga RAM akan boros. Ketika RAM boros maka android pun akan lelet. Setinggi apapun jumlah RAM yang kamu punya, kasus seperti ini dapat terjadi.


3. Uninstal Aplikasi yang Tidak Terpakai


Ada beberapa aplikasi yang mungkin jarang kamu gunakan. Uninstal aplikasi yang jarang atau malah tidak pernah kamu gunakan agar tidak memenuhi memori dan RAM. Apalagi jika aplikasi tersebut dapat diakses di browser, sebaiknya uninstal saja. Beberapa aplikasi tersebut juga mungkin akan menampilkan iklan-iklan yang juga memakan memori dan RAM. Biasanya aplikasi-aplikasi yang sering menampilkan iklan adalah aplikasi online shopping, aplikasi untuk memesan tiket hotel atau tiket perjalanan. Selain menyebabkan smartphone mulai lelet, aplikasi tersebut akan mengganggu saat kita sedang asyik memainkan smartphone.

4. Belilah Aplikasi Berbayar

Mendownload aplikasi gratis memang mudah dan tidak hemat, sekilas kalian mungkin berfirkir bahwa aplikasi gratis menguntungkan. Namun, sebenarnya aplikasi gratis merupakan sebuah kelinci percobaan, jika memilki banyak pemakai, selain pemilik aplikasi mendapatkan uang, maka juga banyak review yang ada. Sehingga hal tersebut memudahkan pemrogram aplikasi mengetahui bugs apa saja yang ada. Selain itu, akan banyak iklan yang muncul dari aplikasi gratis. Seperti yang sudah kita bahas, dengan banyaknya iklan yang muncul dapat menyebabkan android menjadi lemot.

5. Lakukan Reset Factory

Banyak orang mereset smartphone ketika smartphone mulai lelet dan bermasalah . Fungsi reset smartphone adalah agar dapat membersihkan masalah-masalah pada sistem sebelumnya. Selain itu semua file yang bukan aplikasi bawaan smartphone akan otomatis akan hilang tanpa tersisa, karena memang reset akan membersihkan segalanya secara menyeluruh. Kamu dapat melakukan cara ini agar androidmu dapat berjalan dengan maksimal kembali, jangan lupa untuk membackup file yang penting sebelum mereset.

6. Kurangi Animasi

Banyak smartphone yang menawarkan berbagai animasi yang menarik, namun jangan terlena. Animasi juga menyedot kerja RAM pada perangkat androidmu. Kalian perlu mengatur animasi di android kalian pada skala terkecil atau jika memang tidak terlalu diperlukan, akan lebih baik jika di set off sekalian.

Related Posts

Hal Yang Harus Kamu Lakukan Saat Smartphone Mulai Lelet
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Dapatkan Info Seputar Obbzs Web Via Email