Rabu, 23 Mei 2018

Tips Agar Mudik Aman, Nyaman dan Tentram

Tips Agar Mudik Aman, Nyaman dan Tentram - Mudik merupakan salah satu tradisi tahunan yang ramai dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Perjalanan mudik yang ditempuhpun berbeda-beda, ada yang hanya di kecamatan sebelah sampai negara tetangga. Sejauh apapun jaraknya, keamanan dan kenyamanan merupakan faktor terpenting saat mudik. Untuk mendapat perjalanan mudik yang aman dan nyaman, berikut beberapa tips agar mudik aman, nyaman dan tentram.


Tips Agar Mudik Aman


Satu hal yang menjadi kewajiban bagi kita saat mudik adalah memastikan bahwa kita dapat sampai ke tempat tujuan dengan selamat. Oleh karena itu, kita juga harus memastikan bahwa perjalanan kita aman, nyaman dan tentram hingga sampai di kampung halaman.

1. Memeriksa kendaraan


Tips agar mudik aman yang pertama adalah memeriksa kondisi kendaraan. Hal ini menjadi sangat penting apabila kamu melakukan perjalanan mudik dengan mengendarai kendaraan pribadi. Untuk memastikan kondisi kendaraanmu cukup bagus untuk melakukan perjalanan panjang, kamu bisa mengunjungi bengkel terdekat. Jangan sampai kendaraan kamu mogok dan mengganggu perjalanan kamu.

2. Menentukan jadwal keberangkatan sejak dini


Tips agar mudik aman yang satu ini berlaku untuk kamu yang akan melakukan perjalanan dengan kendaraan umum atau pribadi. Meski sudah jelas kalau kamu akan berangkat sebelum atau sesudah lebaran, alangkah baiknya jika kamu menentukan hari dan tanggal keberangkatan sejak jauh-jauh hari. Hal ini bisa membantu kamu mengatur jadwal kerja atau kuliah sebelum liburan.

3. Memesan tiket

Jika kamu hendak mudik dengan kereta api atau pesawat, kamu harus memesan tiket sejak dini. Meningkatnya arus mudik akan membuat tiket kereta api dan pesawat cepat ludes. Oleh karenanya, kamu harus segera memastikan jadwal keberangkatan dan memesan tiket secepatnya supaya tidak kehabisan. Kalaupun kehabisan, kamu harus mempersiapkan diri untuk menggunakan alternatif kendaraan umum lain seperti bus atau travel.

4. Membawa barang secukupnya

Tips selanjutnya agar mudik aman dan nyaman adalah membawa barang sesuai dengan kapasitas kendaraan. Membawa barang secukupnya akan memberikan jaminan keselamatan dan kenyamanan saat mudik. Jika ada kelebihan beban atau penumpang, hal ini bisa berakibat fatal dan menyebabkan kecelakaan yang merugikan penumpang itu sendiri. Karena itu, bawalah barang-barang secukupnya dan sesuai dengan kapasitas yang telah ditentukan.

5. Membawa makanan dan minuman

Tips agar mudik aman berikutnya adalah menyediakan bekal. Karena perjalanan mudik adalah perjalanan yang panjang, makanan dan minuman bisa meredakan rasa bosan atau kantuk. Oleh karenanya, bawalah bekal secukupnya saat mudik. Tetapi ingat, jangan sampai kamu makan atau minum saat berkendara, hal ini bisa berakibat buruk pada keselamatan perjalananmu.

6. Mematuhi lalu lintas

Tips berikutnya adalah mematuhi lalu lintas. Lalu lintas dibuat untuk memberikan kenyamanan bagi semua pengendara. Meskipun kamu ingin cepat sampai ke kampung halaman, alangkah baiknya kalau tips agar mudik aman yang satu ini diperhatikan dengan baik. Kalau kamu melanggar lalu lintas, bisa berurusan dengan polisi atau bahkan memicu kecelakaan.

7. Istirahat

Tips yang terakhir adalah istirahat. Perjalanan yang panjang pasti akan membuat lelah. Tapi banyak pengendara yang tetap memaksakan diri untuk berkendara saat kelelahan. Hal ini bisa saja memicu kecelakaan. Faktanya, banyak sekali kecelakaan yang terjadi karena supir yang mengantuk. Maka dari itu, luangkan waktu untuk mampir pos-pos rehat yang telah disediakan di sepanjang jalur mudik.

Related Posts

Tips Agar Mudik Aman, Nyaman dan Tentram
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Dapatkan Info Seputar Obbzs Web Via Email