Sabtu, 03 Januari 2015

7 Bangunan Arsitektur Termegah di Dunia

Alam semesta kususnya planet Bumi sangatlah memiliki bangunan arsitektur yang megah, yang sampai saat ini masih berdiri kokoh.
Inilah 7 Bangunan Arsitektur Termegah di Dunia yang saya rangkum dalam versi obbzs blog..

1. Tembok Raksasa China.

Hasil gambar untuk tembok raksasa cina Tembok Raksasa Cina atau Tembok Besar merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia, terletak di Republik Rakyat Cina,
  Panjangnya adalah 6.400 kilometer (dari kawasan Sanhai Pass di timur hingga Lop Nur di sebelah barat) dan tingginya 8 meter dengan tujuan untuk mencegah serbuan bangsa Mongol dari Utara  pada masa itu. Lebar bagian atasnya 5 m.
 Sedangkan lebar bagian bawahnya 8 m. Setiap 180-270 m dibuat semacam menara pengintai. Tinggi menara pengintai tersebut 11-12 m. Untuk membuat tembok raksasa ini, diperlukan waktu ratusan tahun di zaman berbagai kaisar.

2. Piramida Mesir Kuno

  Piramida Mesir adalah sebutan untuk piramida yang terletak di Mesir yang dikenal sebagai "negeri piramida"

Hasil gambar untuk piramidaDi Mesir umumnya piramida digunakan sebagai makam raja-raja Mesir Kuno yang dikenal dengan nama firaun. Namun, berabad abad lalu piramida sering digunakan sebagai sasaran penjarahan dan perampok makam karena para raja-raja membawa harta kekayaannya.
  Piramida pun tidak dibuat sembarangan. Para insinyur Mesir kuno menghitung dulu jarak piramida dengan matahari, karena matahari adalah salah satu hal terpenting dalam kehidupan masyarakat Mesir kuno. 
 Ilmuwan masa kini pun mengakui kehebatan mereka dalam membangun piramida yang termasuk tujuh keajaiban dunia ini. Waktu, harta, dan tenaga yang dikeluarkan demi pembangunan piramida pun luar biasa banyaknya.
 Pembangunan piramida membutuhkan waktu sekitar dua puluh tahun dan mempekerjakan lebih dari sepuluh ribu budak, dan banyak yang nyawanya melayang, piramida terbesar berada di Giza dan beberapa tempat lainnya seperti:
  1. Gizah atau Gizeh
  2. Abu Simbel
  3. Saqqara
  4. Abusir
3. Menera Miring Pisa

Hasil gambar untuk menara pisa
   Menara Miring Pisa  Adalah sebuah campaline atau menara lonceng katedral di kota Pisa, Italia
Menara Pisa sebenarnya dibuat agar berdiri secara vertikal seperti menara lonceng pada umumnya, namun mulai miring tak lama setelah pembangunannya dimulai pada Agustus1173. 
 Yang terletak di belakang katedral dan merupakan bangunan ketiga Cempo dei Miracoli (lapangan pelangi) kota Pisa.
Ketinggian menara ini adalah 55,86 m, dari permukaan tanah terendah dan 56,70 m dari permukaan tanah tertinggi. Kelebaran dinding di bawahnya mencapai 4,09 m dan di puncak 2,48 m. Bobotnya diperkirakan mencapai 14.500 ton.
  Menara Pisa memiliki 294 anak tangga. Dengan adanya menara ini, sektor pendapatan ekonomi jadi bertambah karena adanya objek wisata.
Menara Pisa juga diterima sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

4. Taj Mahal

Taj Mahal   Taj Mahal adalah sebuah Bangunan monumen yang terletak di Agra, India. Pembangunannya menghabiskan waktu 22 tahun (1630-1653) dan merupakan sebuah adi Karya dari arsitektur Mughal,
Shah Jahal, kaisar dari Kekaisaran Mughal memiliki kekayaan yang besar selama masa kejayaannya. 
Pada tahun 1983, Taj Mahal diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.




5. Gladiator Koloseum

   Bangunan ini adalah sebuah peninggalan bersejarah berupa arena gladiator dibangun oleh Vespasian. Tempat pertunjukan yang besar berbentuk elips yang disebut amfiteater atau dengan nama aslinya Flavian Amphitheatre, yang termasuk salah satu dari Enam Puluh Sembilan Keajaiban Dunia Pertengahan.
gladiator koloseum  Bangunan  ini terletak di kota kecil di Italia Roma, yang didirikan oleh Walikota Vespasian pada masa Domitianus dan diselesaikan oleh anaknya Titus, dan menjadi salah satu karya terbesar dari arsitektur Kerajaan  Romawi yang pernah dibangun. Kolosseum dirancang untuk menampung 50.000 orang penonton.
6. Candi Borobudur

  Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di borobudur, Magelang Jawa Tengah, Indonesia. Candi berbentukStupa ini didirikan oleh para penganut agama Budhha sekitar tahun 800 Masehi.
 Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.
Stupa Borobudur.jpg


7. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu :
* Brahma sebagai dewa pencipta, 
* Wishnu sebagai dewa pemelihara, 
* Siwa sebagai dewa pemusnah. 
 Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO. , candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur.
 Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.
 

Related Posts

7 Bangunan Arsitektur Termegah di Dunia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Dapatkan Info Seputar Obbzs Web Via Email