Kamis, 08 Januari 2015

EKONOMI POLITIK MEDIA DAN KEPEMILIKAN MEDIA

ekenomi politik media
 
        A. HAKIKAT EKONOMI POLITIK MEDIA

  Sistem media mempunyai korelasi terhadap system social politik yang berlaku di Negara dimana media beroperasi kendali politik dan ekonomi selalu menjadi factor yang signifikan yang berpengaruh terhadap operasi media.
   Seperti yang dikatakan oleh Graham Murdoch bahwa televise yang dioperasikan oleh lembaga suasta sebenarnya menggunakan penenton sebagai komoditas untuk dijual kepada pemasar, oleh karena itulah televise berlomba lomba untuk membuat program acara semenarik mungkin untuk menarik sebanyak mungkin penonton.

      EKONOMI POLITIK MEDIA

   Studi ekonomi politik media adalah kajian yang memfokuskan perhatiannya pada penyebab dan konsekuensi ekonomi dan konsekuensi ekonomi keuangan dan politiik terhadap budaya Ekonomi politik media sebenarnya adalah pertarungan bagaimana aspek aspek ekonomik dan politik telah memengaruhi produksi dan reproduksi budaya sebagai komoditas media massa.
       Ada tiga pandangan kritis menurut pemahaman yaiutu
1.      Teori kritis menghindari pandangan determinisme ekonomi dan marxisme
2.      Pandangan frankfrut school ini menolak bahwa pengetahuan bisa sehingga praktiknya dalam masyarakat secara sadar meliahat kondisi social dan praktik praktiknya di masyarakatterutama terhadap distibusi pendapatan dan kekayaan.
Pandangan kritis juga melihat bahwa budaya adalah kunci untuk memahami hubungan kekuasaan terutama yang tergambar dalam media massa sehingga pandangan kritis inilah yang awal mulanya memperkenalkan pendekatan critical media studies

  KEPEMILIKAN MEDIA ( MEDIA OWNERSHIP )  

  Kepemilikan media ternyata berpengaruh terhadap cara media mengungkap isu, ekonomi politik media menjadi isu yang serius di Indonesia selama ini konglomerasi media yang dimiliki oleh segelintir orang mulai menggurita hingga kemedia local.
 Kuatnya kepemilikan media di tanah air pada akhirnya mengancam demokrasi system politik Indonesia banyak kasus dan contoh telah membuktikan bahwa kepentingan dan idiologi pemilik sedikit banyak berpengaruh tergadap cara media mengupas fenomena dan realitas social politik yang terjadi

Related Posts

EKONOMI POLITIK MEDIA DAN KEPEMILIKAN MEDIA
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Dapatkan Info Seputar Obbzs Web Via Email