Kamis, 08 Januari 2015

ETIKA MEDIA PERAN MEDIA DALAM PILKADA INDONESIA

etika media peran

    A. PERAN MEDIA DALAM PILKADA
 
      Ada tiga fungsi utama media massa yang melekat dalam pekerjaan mereka yaitu memberikan informasi, memberikan pendidikan dan menghibur masyarakat melalui informasi media dapat membantu khalayaknya untuk membentuk pendapat tentang berbagai persoalan.
     Media menuntuk lembaga media untuk bisa bersikapnetral terhadap individu yang diliputnya media diharapkan menjadi penetral dari segala konflik kepentingan yang ada di dalam dunia politik dalam konteks pemilihan umum daerah media juga harus melakukan fungsi itu.
     Mengontrol dan menjadi pengawas yang konstruktif bagi public media mempunyai peran yang signifikan dalam pemelihan umum di negeri ini oleh karenanya media di harapkan mampu menjadi control yang efektif tidak malah menjadi pemain ketiga dan sterusnya dalam konflik konflik kepentingan politik.

  B. IRONI KONDISI IDEAL VERSUS KEENYATAAN 

Berikut ini beberapa poin yang harus diperhatikan dan dipersiapkan kalangan media untuk melakukan civic education sekaligus watching to the politicial process selama pilkada:
    1. Idealnya wartawan mempelajari seluruh ketentuan pilkada agar media massa ikut melakukan pendidikan politik dan pengawasan ironinya hingga sekarang masih banyak wartawan dan media yang tidak paham ketentuan dan aturan pilkada

   2. Idealnya media mempelajari cara cara penyimpangan yang mungkin terjadi selama masa kampanye saat pencoblosan maupun perhitungan suara sehingga media dapat mengawasinya

          3. Idealnya media senantiasa menjaga kredibilitas liputannya dengan berpedoman pada independensi, akurasi dan fairness
 
   4. Media hendaknya membuat atural internal untuk menjaga kredibilitas pribadi wartawan 

         5. Media idealnya menyusun standar atau pedoman dalam melakukan liputan politik untuk semua tahapan pilkada 

         6. Media massa idealnya berperan menjadi megaphone untuk public
 
  7. Media idealnya selalu memberikan kesempatan yang sama pada semua peserta pilkada atau calon kepala daerah baik dari partai besar maupun dari partai kecil

   8. Media harus concern terhadap pendidikan politik 

  9. Media massa sebaiknya berusaha memperdalam materi kampanye dan janji calon kepala daerah

   10 Media hendaknya hingga pascapilkada konisten mempertahankan sikap objektif dan netral

   11. Untuk menjaga akurasi berita kecepatan bukan merupakan ukuran utama

   12. Jika dalam pilkada ada konflik diantara kekuatan politik maka wartawan harus belajar dan memahami konflik yang akan diliput.

Related Posts

ETIKA MEDIA PERAN MEDIA DALAM PILKADA INDONESIA
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Dapatkan Info Seputar Obbzs Web Via Email