Selasa, 06 Januari 2015

Sembilan Elemen Jurnalisme Bill Kovach



                                    Sembilan Elemen Jurnalisme Bill Kovach

1. Kewajiban utama jurnalisme adalah pada pencarian kebenaran
2. Loyalitas utama jurnalisme adalah pada warga Negara
3. Esensi jurnalisme adalah disiplin verifikasi
4. Jurnalis harus menjaga independensi dari obyek liputannya.
5. Jurnalis harus membuat dirinya sebagai pemantau independen dari kekuasaan.
6. Jurnalis harus memberi forum bagi publik untuk saling-kritik dan menemukan kompromi
7. Jurnalis harus berusaha membuat hal penting menjadi menarik dan relevan
8. Jurnalis harus membuat berita yang komprehensif dan proporsional
9. Jurnalis harus diperbolehkan mendengarkan hati nurani personalnya.

Bill Kovach adalah Jurnalis Amerika , mantan kepala biro Washington New York Times , mantan editor Atlanta Journal-Constitution , dan penulis buku populer, The Elemen Jurnalisme

Lahir tahun 1932 di Timor Tennessee dari Albania orangtua, Kovach direncanakan kuliah setelah pergi ke sekolah pascasarjana di biologi kelautan . Setelah empat tahun di Angkatan Laut Amerika Serikat, pekerjaan musim panas di Johnson City Press Chronicle di Johnson City, Tennessee membujuknya untuk masuk ke dalam jurnalisme.

Kovach menutupi gerakan hak-hak sipil, politik dan kemiskinan Appalachian untuk Nashville Tennessee dari 1960 ke 1967 . Pada 1965 , ia terlibat dalam perkelahian untuk akses publik ke badan legislatif, ketika ia menolak untuk meninggalkan sidang komite berikut panggilan untuk sesi eksekutif. Senat negara bagian mengeluarkan resolusi yang mencabut hak istimewa lantai. The Tennessee dan editor John Seigenthaler, Sr memimpin melawan sukses untuk membuka ruang legislatif.

Setelah Kovach menghabiskan setahun di Universitas Stanford pada persekutuan jurnalisme, Scotty Reston dari The New York Times biro Washington disewa Kovach di 1968 , dan Kovach menghabiskan 18 tahun di sana, termasuk menjabat sebagai kepala biro Washington-nya.

Setelah masa jabatan dua tahun menggelora sebagai editor dari Atlanta Journal-Constitution , ketika stafnya memenangkan dua Pulitzer dan finalis untuk beberapa yang lain, Kovach pindah ke Universitas Harvard di 1989 sebagai sesama, kemudian kurator, dari Yayasan Nieman untuk Jurnalistik.

Dia pensiun dari Harvard pada 2001 dan kembali ke Washington, di mana dia konselor senior kepada Proyek untuk Keunggulan dalam Jurnalisme. Beliau juga menjabat di fakultas Sekolah Jurnalisme Missouri. 


Related Posts

Sembilan Elemen Jurnalisme Bill Kovach
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Dapatkan Info Seputar Obbzs Web Via Email