Senin, 29 Desember 2014

Misteri Hilangnya Pesawat Air Asia

efakuasi AirAsia



Untuk sekian kalinya pesawat maskapai Malaysia mengalami celaka saat mengangkasa. Minggu pagi 28 Desember 2014 pukul 06.17 WIB, AirAsia Indonesia QZ8501 hilang dalam penerbangan jarak pendek dari Surabaya menuju Singapura. Hingga berita ini diturunkan kapal terbang itu belum diketahui keberadaannya,  dengan nasib 162 orang yang ada di dalamnya. 
Tak ada sinyal darurat (distress call) atau ELT (Emergency Locator Transmitter) yang dipancarkan, tak ada puing ditemukan. Tiada petunjuk, hanya ada perairan luas untuk disisir, dan beragam tanda tanya besar. 
Sejauh dalam pencarian, pesawat ini diperkirakan hilang kendali dan jatuh di sekitar perairan Bangka Blitung.
 Masih belum bisa dipastikan kondisi pesawat AirAsia yang dikabarkan hilang dalam penerbangan rute Surabaya - Singapura Minggu (28/12) pagi tadi. Seiring pencarian informasi yang terus dilakukan, beredar kabar bahwa sebuah pesawat jatuh di daerah Belitung.
Namun dalam press conference yang digelar beberapa jam lalu, Kemenhub masih belum bisa memastikan bagaimana kondisi pesawat dengan nomor penerbangan QZ8501 itu. Hingga kini, statusnya masih dinyatakan hilang kontak, setelah hilang dari pantauan Air Traffic Control (ATC).
Dalam penjelasan kronologi yang disampaikannya, pihak Kemenhub juga meminta masyarakat tidak berasumsi. Sebelum pesawat tersebut benar-benar ditemukan, statusnya masih akan dianggap hilang kontak saja. Sementara kabar pesawat jatuh di Belitung masih belum valid.
Kabar yang beredar, pesawat yang diduga AirAsia tipe Airbus A320 itu jatuh di perairan, 145 kilometer dari Belitung. Kabar ini disampaikan secara resmi oleh pihak Basarnas Pangkalpinang, Supriandi. Seperti dilansir dari Antara, mereka juga sudah mengirim tim ke lokasi.
Diperkirakan, pesawat tengah memutari perairan tersebut untuk menghindari badai, sebelum akhirnya jatuh ke dalam laut.  Masih belum bisa dipastikan bahwa pesawat tersebut adalah AirAsia QZ8501, sebelum bangkainya ditemukan. Hingga kini tim pencari masih bergerak.
Jika benar pesawat tersebut adalah AirAsia yang hilang kontak pada pukul 07.55 pagi tadi, maka tim pencari harus menyelamatkan 155 penumpang, termasuk di antaranya anak-anak dan seorang bayi. Kabar seputar hilangnya pesawat ini masih akan terus diupdate.


Related Posts

Misteri Hilangnya Pesawat Air Asia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Dapatkan Info Seputar Obbzs Web Via Email