Senin, 05 Januari 2015

Pentingnya Pembangaunan Sumber Daya Manusia oleh Pemerintah


   Sumber Daya Manusia

     Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dalam suatu institusi pemerintahan saat ini mutlak dibutuhkan, hal ini dimaksudkan guna menunjang setiap visi dan misi di institusinya masing-masing.
    Ukuran kualitas SDM sesungguhnya adalah muara dari proses-proses pembangunan dalam segala bidang.  Konsepsi pembangunan terbaru adalah meletakkan manusia sebagai pusat perhatian.
    Pembangunan sumber daya manusia memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan manusia Indonesia yang maju dan mandiri sehingga mampu berdaya saing dalam era globalisasi. Di samping itu, penataan persebaran dan mobilitas penduduk diarahkan menuju persebaran penduduk yang lebih seimbang sesuai dengan daya dukung dan daya tampung lingkungan melalui pemerataan pembangunan ekonomi dan wilayah dengan memerhatikan keragaman etnis dan budaya serta pembangunan berkelanjutan. 

Pembangunan pendidikan dan kesehatan merupakan investasi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga penting perannya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menurunkan tingkat kemiskinan dan pengangguran. Pembangunan pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk mendukung terwujudnya masyarakat yang berharkat, bermartabat, berakhlak mulia, dan menghargai keberagaman sehingga mampu bersaing dalam era global dengan tetap berlandaskan pada norma kehidupan masyarakat Indonesia dan tanpa diskriminasi.

  Komitmen pemerintah terhadap pendidikan harus tercermin pada kualitas sumber daya manusia, peningkatan kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), serta politik anggaran dan terintegrasinya seluruh pendidikan kedinasan ke dalam perguruan tinggi sampai Pelayanan pendidikan yang mencakup semua jalur, jenis, dan jenjang pendidikan.
  Pembangunan kesehatan juga harus diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud. Pembangunan nasional harus berwawasan kesehatan, yaitu setiap kebijakan publik selalu memerhatikan dampaknya terhadap kesehatan.


    Bila semua hal yang ada di dalam penataan pembangunan berjalan seperti yang diharapkan dan pembangunan yang dilakukan dipusatkan untuk menunjang kualitas suatu SDM maka akan membuat segala komponen  di dalam suatu Negara saling berkesinambungan. 

Related Posts

Pentingnya Pembangaunan Sumber Daya Manusia oleh Pemerintah
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Dapatkan Info Seputar Obbzs Web Via Email