Sabtu, 08 Oktober 2016

Inilah Patung Raksasa yang Pernah Ada.

7 Patung Raksasa Ikon Negara di Dunia 


Inilah Patung Raksasa yang Pernah Ada.

Patung merupakan salah satu karya seni pahatan yang paling menakjubkan di Dunia, sejumlah patung yang dibangun di berbagai negara memang secara filosofi memiliki makna tersendiri bagi negara tersebut, tak mengherankan jika patung-patung tersebut dianggap melambangkan suatu negara secara ikonik. Mulai dari patung yang dipercaya sebagai bentuk ritual ataupun yang ditujukan sebagai objek pariwisata, Berikut ini saya akan menjelaskan defenisi patung sampai patung-patung yang menjadi ikon suatu Negara, berikut cuplikannya.



Asal Usul Patung.

Tahukah anda bahwa barang seni yang tertua didunia ini adalah patung dari batuan..?? Yach..inilah yang yang sekiranya melatar belakangi Judul Posting kali ini.Patung Marmer Seni abadi, dalamartian memang merupakan seni yang tak kunjung hilang setelah berganti-ganti masa ,berabad-abad yang lalu.Patung Batu.Dari zaman Mesir kuno, sejarah Eropa Kuno, The Great Chinapun mencatat patung dan relief sebagai salah satu jenis seni tiga dimensi yang sering dibuat dizaman-zaman itu.Karena Keindahan patung dan relief itu merupakan keindahan yang dapat kita nikmati secara bentuk visual  dalam 3 dimensi .Banyak sekali patung-patung legendaries didunia yang telah kita kenal seperti patung spinx,patung dewa-dewa Yunani kuno, patung  Terrakota China dan lain-lain.

Inilah Patung Raksasa yang Pernah Ada.



Dalam catatan sejarah,fungsi patung awalnya adalah untuk sebuah monument peringatan, untuk mengenang seseorang atau sesuatu yang memiliki sejarah tinggi a, atau bahkan sesuatu yang dianggap sebagai dewa atau bahkan dipertuhan dizamannya. Mengingat Sejarah  patung dan relief batuan selalu berbicara  dan mengulas balik zaman Nabi Ibrahim AS, tatkala dizaman beliau , patung-patung batu ini dijadikan sebagai symbol dewa-dewa dan symbol orang-orang yang di Teladani dan di moyangkan kesholehannya.Bahkan dijadikan  sarana sebagai mendekatkan diri kepada Tuhan,kemudian bergeser sedikit tapi lebih nyasar lagi yakni patung dijadikan sebagai “ Symbol Tuhan” Inilah yang sebenarnya dilarang dalam agama Islam .Patung dan relief yang berthemakan demikian sangat dilarang keras dan haram hukumnya dalam pandangan agama Islam.

7 Patung Raksasa ikon nya Negara yang ada Di Dunia


  • Patung Dirgantara/ Patung Pancoran - Indonesia

Patung Pancoran adalah salah satu monumen patung yang terdapat di Jakarta. Letak monumen ini berada di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan. Tepat di depan kompleks perkantoran Wisma Aldiron Dirgantara yang dulunya merupakan Markas Besar TNI Angkatan Udara. Posisinya yang strategis karena merupakan pintu gerbang menuju Jakarta bagi para pendatang yang baru saja mendarat di Bandar Udara Halim Perdanakusuma.

Ide pertama pembuatan patung adalah dari Presiden Soekarno yang menghendaki agar dibuat sebuah patung mengenai dunia penerbangan Indonesia atau kedirgantaraan. Patung ini menggambarkan manusia angkasa, yang berarti menggambarkan semangat keberanian bangsa Indonesia untuk menjelajah angkasa.

Inilah Patung Raksasa yang Pernah Ada.


  • Buddha Tian Tan - Hongkong
Buddha Tian Tan, juga dikenal sebagai "Buddha Besar", adalah sebuah patung perunggu besar Buddha Sakyamuni, yang selesai dibangun pada tahun 1993, dan terletak di Ngong Ping, Pulau Lantau, Hong Kong. Patung ini terletak dekat Biara Po Lin dan melambangkan hubungan harmonis antara manusia dan alam, masyarakat dan agama. Tempat ini merupakan pusat utama Buddhisme di Hong Kong, dan juga merupakan objek wisata yang populer.

Inilah Patung Raksasa yang Pernah Ada.

  • The Motherland Calls – Volgograd, Rusia
Patung The Motherland atau The Motherland Calls adalah sebuah patung raksasa yang berada di Rusia yang dibangun sebagai bentuk penghormatan atas Pertempuran Stalingrad, yakni perperangan yang terjadi antara Nazi Jerman dengan Uni Soviet demi memperebutkan kota Stalingrad (sekarang adalah Volgograd). Volgograd itu sendiri adalah sebuah pusat kota industri dan administratif di Rusia.
Patung yang pernah menjadi patung tertinggi di tahun 1967 adalah termasuk patung yang memiliki makna sejarah tersendiri dan inspiratif dengan tinggi 87 m, Patung di Rusia lainnya adalah Patung Peter the Great dengan tinggi 96 m.


Inilah Patung Raksasa yang Pernah Ada.

  • Guan Yu of Yuncheng – Shanxi, Tiongkok
Beberapa dari Anda mungkin pernah mendengar nama Guan Yu atau Guan Gong, dia adalah seorang Jenderal ternama dari Tiongkok yang terdapat dalam novel Zaman Tiga Kerajaan (Romance of The Three Kingdom). Guan Yu yang lahir di Yuncheng merupakan saudara angkat Kaisar Liu Bei dari kerajaan Shu dan dirinya sering dikaitkan sebagai perlambangan kesetiaan, moral, serta kebenaran.

Dibangun pada tahun 2010, patung yang menggambarkan sosok dengan makna kepahlawanan itu memiliki ukuruan tinggi 61 meter, ukuran tinggi tersebut sengaja dipersamakan dengan usianya yang meninggal saat ia berumur 61 tahun dan bangunan dimana tempat patung itu berdiri (19 m) melambangkan umurnya saat ia meninggalkan Yuncheng.


Inilah Patung Raksasa yang Pernah Ada.


  • Great Sphinx of Giza – Giza, Mesir
Jika kita membicarakan tentang patung yang paling ikonik di dunia, maka sudah pasti patung yang satu ini sangat simbolik dari zaman dulu hingga sekarang, patung itu adalah “Great Sphinx of Giza” yang berada di Mesir. Sama seperti bangunan Piramida Besar Giza, patung Great Sphinx of Giza atau patung Sphinx tersebut adalah patung yang sangat ikonik dan simbolis dikarenakan sejarah yang panjang tentang keberadaan patung tersebut.

Sphinx yang termasuk kedalam situs peninggalan bersejarah di dunia adalah konon dianggap sebagai mahluk mistis yang digambarkan dengan rupanya yang berbadan singa dan berkepala manusia. Patung itu sendiri terletak di dataran tinggi Giza Mesir, patung raksasa yang dikenal di seluruh dunia tersebut Memiliki panjang 73,5 m, lebar 19,3 m, dan tinggi 20,22 m.


Inilah Patung Raksasa yang Pernah Ada.

  • Christ The Redeemer – Rio de Janeiro, Brasil
Patung “Christ The Redeemer” atau yang biasa disebut Christo Redentor adalah sebuah patung Yesus yang berdiri tegak di atas sebuah bukit berlokasi di Rio de Janeiro, Brasil atau yang lebih tepatnya pada puncak Gunung Corovado. Di atas puncak gunung tersebut Anda pun bisa menyaksikan panorama Rio de Janeiro yang mulai dari pelabuhan Guanabara sebelah Utara hingga sampai Lagoa Rodrigo de Freitas sebelah Selatan. Patung yang melambangkan nilai religius ini memiliki ukuran tinggi 30 m ukuran tersebut belum ditambah dengan bangunan yang berada dibawah kaki patung tersebut yang mempunyai ukuran 9.5 m sehingga ketinggian total patung tersebut adalah 39.6 m.

Pemandangan indah serta patung Yesus yang berada diatas puncak tersebut memang mengagumkan, hal tersebutlah yang menyebabkan patung yang satu ini menjadi terkenal, patung itu pun menjadi ikon bagi Negara Brasil.


Inilah Patung Raksasa yang Pernah Ada.


  • Mount Rushmore Monument – South Dakota, AS

Patung ini mirip banget dengan pahatan patung berwajahkan hokage di film Naruto, Patung yang dibuat dari pahatan dan berlokasi di Gunung Rushmore, AS itu mungkin memang tidak terlihat sebesar ataupun setinggi patung-patung lain yang ada dalam daftar 10 patung raksasa ikon Dunia ini, tetapi patung di pahat tersebut tidak kalah ikonik dibandingkan dengan patung pahatan yang ada di berbagai belahan dunia. Patung itu sendiri merupakan hasil pahatan yang menggambarkan wajah para Presiden Amerika dahulu yang diantaranya adalah Abraham Lincoln, Thomas Jefferson, George Washington, dan Theodore Roosevelt.

Dan yang lebih mengagumkan lagi adalah untuk memahat ke semua patung tersebut tentu bukanlah pekerjaan yang mudah, patung yang memiliki ukuran tinggi 18,3 m itu membutuhkan rentan waktu 14 tahun agar muka yang dipahat tersebut dapat terlihat lebih mirip. Mulai dengan menggunakan dinamit atau bahan peledak hingga 400 orang pekerja serta ahli pahat patung dikerahkan, tak heran jika patung yang terpahat di atas  gunung itu menjadi patung terkenal di Amerika dan Dunia.

Inilah Patung Raksasa yang Pernah Ada.

Related Posts

Inilah Patung Raksasa yang Pernah Ada.
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Dapatkan Info Seputar Obbzs Web Via Email