Senin, 21 Mei 2018

Tips Saat Smartphone Kemasukan Air

Tips Saat Smartphone Kemasukan Air - Smartphone merupakan salah satu benda yang tidak bisa lepas dari genggaman kita, kita dapat mendapatkan banyak hal yang kita butuhkan melalui smartphone. Banyak orang yang membawa smartphone dimanapun mereka berada tak terkecuali di kamar mandi, kolam renang, dan masih banyak tempat lainnya. Terkadang kita mengalami keapesan smartphone jatuh dan akhirnya smartphone kemasukan air. Hal tersebut tentulah membuat kita merasa cemas jika smartphone mengalami kerusakan. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika mengalami situasi tersebut.


Smartphone Kemasukan Air


Ketika smartphone kemasukan air, janganlah langsung panik yang kadang malah menjadi bumerang. Ada beberapa tindakan darurat yang dapat kamu lakukan.

1. Matikan Smartphone

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika smartphone kemasukan air adalah segera matikan smartphone. Lalu buka casing hp dan keluarkan semua komponen yang ada di smartphone seperti sim card, baterai, kartu memori, dsb. Mematikan hp dilakukan agar smartphone tidak merespon air yang masuk yang dapat menyebabkan konslet atau malah terbakar. Jangan langsung menghidupkan smartphone, lakukan hal-hal berikut ini untuk mencegah dan memastikan smartphone mengalami kerusakan.

2. Keringkan Smartphone

Ada beberapa cara dasar untuk mengeringkan smartphone yang kemasukan air. Kalian dapat membuka semua aliran udara dan menggoyang-goyangkan smartphone agar air cepat keluar dan cepat kering dengan diangini, namun ketika menggoyang-goyangkan smartphone berhati-hatilah agar tidak masuk ke bagian dalam yang bisa memperparah keadaan. Namun berhati-hatilah agar tidak menyentuh atau merubah LDI (Liquid Damage Indicator) yang jika berubah dari posisi semula maka smartphone tidak dapat digaransikan.

Kalian juga dapat melakukan beberapa metode mengeringkan pada smartphone kemasukan air seperti  mengelap dengan kain dan menggunakan vacum cleaner. Tidak disarankan untuk menggunakan hair drier karena bisa menyebabkan kerusakan komponen dalam smartphone. Kamu juga dapat menggunakan metode mengeringkan dengan ziplock dan beras, dua komponen tersebut terkenal dapat mengurangi kelembapan. Caranya yaitu dengan memasukkan smartphone kedalam ziplock yang terisi beras, cek setelah 2 hari berlalu.


3. Cek Smartphone setelah beberapa hari dikeringkan


Setelah mengeringkan smartphone selama dua hari, kalian perlu mengecek keadaan smartphone, bersihkan smartphone agar kotoran atau beras halus tidak masuk yang bisa menyebabkan kerusakan baru. Hal yang perlu kalian perhatikan ketika mengecek smartphone kalian adalah, apakah masih ada uap pada layar smartphone kalian, jika masih ada uap yang tersisa maka masukkan kembali smartphone ke dalam ziplock.

4. Pantau Smartphone Selama Beberapa Hari

Jika sudah merasa yakin smartphone kemasukan air kalian sudah kering, terlepas apapun metode yang kalian lakukan, coba operasikan lagi smartphone kalian lalu pantaulah apakah ada kerusakan sistem atau komponen lain di smartphone seperti layar tak jernih, sound tak bersuara atau mungkin aplikasi tertentu tidak berjalan. Jika tidak ada kerusakan tetaplah pantau hingga beberapa hari untuk memastikan bahwa smartphonemu baaik-baik saja.

5. Membawa Ke Tukang Service

Jika semua prosedur tersebut sudah kamu lakukan namun tetapi ada kerusakan yang terjadi, maka bawalah ke ukang service langganan. Solusi ini adalah pilihan terakhir yang paling aman dapat kamu lakukan karena tukang service Hp tentulah sangat mengetahui cara memperbaiki smartphone yang rusak dengan berbagai penyebab. Kalian juga dapat berkonsultasi, sehingga kalian dapat mencegah permasalahan yang dapat terjadi melalui saran yang diberikan oleh ahlinya.

Related Posts

Tips Saat Smartphone Kemasukan Air
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Dapatkan Info Seputar Obbzs Web Via Email